Home » , » Cara Budidaya Ayam Petelur (Ras) Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ayam Petelur (Ras) Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ayam Petelur (Ras) Yang Menguntungkan,-Secara keseluruhan mungkin sudah tau apa itu ayam Ras, ayam jenis ini berwarna merah agak kecoklatan, dan memang ayam ini di budidayakan hanya untuk bertelur.  Dalam pembahasan kali ini saya tidak akan membahas tentang asal usul ayam petelur, tetapi saya akan membahas bagai mana cara merawat atau membudidaya ayam ras agar mudah dan cepat bertelur. Memang ada jua jenis ayam petelur yaitu ayam petelur berwarna merah (ras) dan ada yang berwarna putih, atau dalam pembahasan sehari-hari kita kenal dengan telur ayam ras dan ayam multi.


Untuk jenis ayam petelur memang ayam Ras inilah yang paling dominan untuk Banyak menghasilkan banyak telur dibanding dengan ayam putih (broiler). Tetapi semua itu tidak menutup kemungkinan untuk peternak tidak mau budidaya ayam petelur putih, karena kebutuhan telur yang semakin meningkat dan memang sangat dibutuhkan oleh konsumen. Telur mengandung protein yang baik bagi tubuh kita, apalagi saat masa pertumbuhan anak, tidak hanya untuk konsumsi saja namun untuk usaha membuat kue, jajanan ringan dan lain-lain.

Cara Budidaya Ayam Petelur (Ras)
Ada beberapa teknik yang harus dikuasai oleh peternak ayam petelur ini, agar ayam ras yang di petelurkan mendapat hasil yang maksimal. Tak hanya memberi pakan saja namun peternak harus memperhatikan umur ayam petelur agar produksi telur yang dihasilkan tidak mengalami penurunan. karena jika umur ayam sudah terlalu tua produksi ayam petelur tidak sebanyak saat masih berusia muda, dan saat sudah tidak bisa bereproduksi secara maksimal biasanya ayam petelur ini akan dijual atau mungkin kita sering melihat ayam petelur dijual di pasar, karena dagingnya pun enak untuk dikonsumsi. Setelah saya menejelaskan yang cukup singkat tadi tentang  ayam bertelur diatas, sekarang saya akan memberikan  prosedur agar peternak sukses tahu bagaimana cara budidaya ayam petelur (ras) secara benar,  berikut ulasan  Cara budidaya Ayam Petelur (Ras) Yang Menguntungkan



Cara budidaya Ayam Petelur (Ras) Yang Menguntungkan


·         Menyediakan Tempat yang Nyaman


Cara Pertama dalam budidaya ayam petelur adalah dengan menyediakan tempat. Perlu diketahui buat para peternak ayam petelur, bahwa tempat yang nyaman akan membuat produksi telur ayam meningkat. Usahakan Kandang berada diarea perkebunan yang jauh dari perumahan warga, agar ayam tidak gampang mengalami stress,  jika ayam peternak mengalami stress otomatis produksi telur ayampun menurun. Tetapi bukan berarti jalan menuju kandang tidak bisa dilalui oleh mobil, walaupun didalam perkebunan tetapi akses jalan buat mobil bisa masuk ke kandang, agar tidak merepotkan peternak saat masa panen tiba. Udara yang dingin pun sangat cocok tidak terlalu panas, usahakan suhu didalam kandang terasa sejuk dan kandang tidak boleh rapat harus ada ventilasi atau lubang udara yang banyak.

Selain tempat yang nyaman dan udara yang sejuk, buat kandang atau tempat untuk ayam didalam kandang dibuat bertingkat dan kandang ayam dibuat agak miring, kemudian diberikan tempat untuk wadah telur ayam, agar saat ayam menelur, telur ayam langsung kebawah dan kewadah yang sudah dipersiapkan dan tidak terinjak oleh ayam.

Kandang juga harus tetap bersih dan tetap terjaga agar virus tidak gampang menyebar, kandang yang tidak bersih juga akan membuat ayam menjadi tidak sehat dan menimbulkan beberapa penyakit seperti terdapat jamur pada tubuh ayam, ayam tidak mau makan dan lain sebagainya.

·         Pemberian Vaksin


Pemberian Vaksin pada ayam memang sangat perlu dan sudah menjadi kewajiban peternak ayam, agar ayam tetap terjaga kesehatannya. Pemberian Vaksin yang rutin dapat menjadikan ayam menjadi kebal terhadap penyakit, mungkin tidak perlu dijelaskan secara lebar tentang masalah pemberian vaksin kepada ayam peternak karena saya yakin peternak sudah banyak yang tahu bagai mana cara memberikan vaksin pada ayam petelur, tetapi saya anjurkan agar membeli bibit ayam saat ayam sudah berusia  4 bulan agar pemberian vaksin terhadap ayam tidak terlalu rumit.

·         Pemberian Pakan Dan Perawatan Ayam Petelur


Pemberian pakan yang rutin akan menjadikan ayam petelur terus bereproduksi dengan baik, karena jika berat badan ayam petelur bertambah otomatis telur yang dihasilkan akan bertambah. Ayam petelur sehat bisa menghasilkan telur yang bagus dan telur akan menjadi besar, berebeda jika ayam petelur mengalami stress atau sakit maka telur yang dihasilkan pun sedikit dan kualitas telur tidak baik. pemebrian makan yang rutin pada ayam petelur sangat penting agar ayam tetap terjaga kesehatannya.

Selain pemberian pakan yang kita beli ditoko pakan ayam yang sudah disediakan, lebih bagus lagi untuk budidaya ayam petelur kita tambahkan makanan tambahan yang penuh protein supaya ayam petelur dapat menghasilkan telur hingga 2-3 telur dalam sehari, cara penambahan pakan ayam petelur ini bisa menggunakan dedek dan jagung ataupun ubi kayu yang sudah digiling halus menjadi satu, karena bahan-bahan tersebut menghasilkan protein yang cukup bagus untuk ayam petelur.

Kemudian perawatan yang harus diperhatikan peternak, periksa ayam yang sekiranya tidak bertelur normal, ayam yang tidak mau makan secara normal, pisahkan agar tidak menular ke ayam lain. Perawatan ayam ini sangat penting agar kelangsungan ayam petelur untuk bertelur bisa bertahan lama.

·         Memilih Bibit Ayam Petelur (pullet)


Pemilihan bibit adalah cara agar peternak mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan tentunya. Selain memilih bibit yang unggul  peternak harus memperhatikan bibit ayam yang bugar atau sehat dan tidak mempunyai cacat dalam bagian tubuh pada bibit ayam petelur tersebut.  Menurut beberapa sumber yang saya dapat, para peternak sukses membeli bibit ayam petelur (pullet) saat ayam sudah berusia 4 bulan atau 16 minggu agar saat masa produksi atau bertelur tidak menunggu terlalu lama. Karena pada usia 4 bulan ayam sudah belajar atau hormon akan meningkat drastic.

Pertama kali ayam akan bertelur biasanya jika sudah berumur 5-6 bulan, pada awal bertelur usahakan ayam merasa nyaman sehingga ayam tetap dalam kondisi baik. Puncaknya saat ayam berumur 7 bulan, pada saat usia tersebut ayam petelur mengalami peningkatan telur hingga 80-90 % setiap hari. Masa jaya atau masa reproduksi telur biasanya bertahan hingga ayam petelur memasuki usia satu tahun atau 12 bulan. Jika peternak merawat ayam petelur dengan baik kemungkinan ayam bisa bertelur hingga berusia lebih dari satu tahun kalender.

Baca Juga Peluang Usaha Ternak

Demikianlah penjelasan yang bisa saya informasikan kepada pembaca maupun pembudidaya, dan mungkin hanya sedikit ilmu yang bisa saya beritahu kepada public tentang Cara Budiaya Ayam Petelur (Ras) Yang Menguntungkan

Tags : Cara Budidaya Ayam Petelur, Budidaya ayam Petelur

Thanks for reading Cara Budidaya Ayam Petelur (Ras) Yang Menguntungkan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 comments: